Sample Text

Facebook

Laporkan Penyalahgunaan

Labels

Send Quick Massage

Nama

Email *

Pesan *

Kunjungan Saat ini

Tags

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

Blogroll

Latest in Tech

Popular Posts

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Setelah tahu fungsi dari ginjal ini tentu kita bisa tahu bagaimana bahaya yang bisa kita peroleh jika kesehatan ginjal kita terganggu. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa menjaga kesehatan ginjal. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menjaga kesehatan ginjal.
1. Rajin berolahraga

Cara pertama yang dapat kita lakukan untuk bisa menjaga kesehatan ginjal secara alami adalah dengan rutin berolahraga. Bagi sebagian masyarakat mungkin olahraga memang masih diangap hal yang sepele. Namun, sebenarnya olahraga memberikan pengaruh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan ginjal. Dengan rajin berolahraga kita mampu membantu pembentukan urin menjadi lebih lancar sehingga kesehatan ginjal pun bisa lebih terjaga.
Baca Juga: Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Aman Dan Mudah
Jenis olahraga yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal pun tidaklah harus jenis olahraga yang berat. Kita juga bisa menjaga kesehatan ginjal dengan mencoba berbagai jenis berolahraga yang ringan seperti joging dan sepeda.

2. Menjaga pola makan

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menjaga pola makan kita. Dengan mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan ginjal akan bekerja lebih keras dari biasanya dan hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal.
Usahakanlah untuk tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan juga gula. Jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal adalah seperti buah dan sayur. Kandungan vitamin serta zat mineral yang terdapat pada buah dan sayur mampu secara efektif menjaga kesehatan ginjal secara alami.

3. Menjaga kadar gula pada tubuh

Salah satu hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya gangguan pada ginjal adalah karena terlalu banyaknya kadar gula pada tubuh. Kadar gula yang tinggi pada tubuh selama ini hanya dianggap sebagai penyebab terjadinya penyakit diabetes, namun sebenarnya dua penyakit ini memiliki kaitan. Hal itu lah yang menyebabkan beberapa orang yang terkena diabetes juga akan memiliki gangguan pada ginjalnya. Jadi, untuk bisa menjaga kesehatan ginjal, usahakanlah untuk menjaga kadar gula pada tubuh.

4. Konsumsi sayur secara rutin


Cara lain yang juga dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan ginjal kita adalah dengan rutin mengonsumsi sayur. Kandungan vitamin dan juga mineral yang terdapat pada sayur mampu secara efektif memperlancar proses kerja ginjal sehingga mampu menjaga kesehatan ginjal. Beberapa jenis sayur yang baik kita konsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal adalah kubis, kembang kol, wortel, dan juga yang lainnya.
Baca Juga: Gejala Batu Ginjal Pada Wanita Yang Harus Kamu Tahu

5. Rutin konsumsi air putih

Bagi sebagian besar masyarakat mengonsumsi air putih adalah hal yang sepele. Padahal, konsumsi air putih terbilang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, termasuk kesehatan ginjal. Dengan mengonsumsi air putih ginjal kita akan bisa bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan ginjal tidak perlu bekerja lebih keras. Asupan air putih minimal yang perlu diterima tubuh adalah sebanyak delapan gelas sehari.

6. Terapkan pola hidup sehat

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk bisa menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Beberapa contoh dari pola hidup yang sehat adalah rajin berolahraga dan tidak merokok. Mungkin masih banyak orang yang menyepelekan hal ini. Namun sebenarnya rokok termasuk salah satu penyebab utama kanker ginjal yang sering terjadi karena kandungan nikotin yang menumpuk pada tubuh. Karenanya, mari kita mulai pola hidup sehat demi terjaganya kesehatan ginjal kita.

7. Jaga berat badan


Hal lain yang perlu kita perhatikan untuk bisa menjaga kesehatan ginjal kita adalah dengan menjaga berat badan. Kelebihan berat badan dapat menjadi salah satu penyebab terganggunya fungsi ginjal. Berat badan yang terus naik akan menyebabkan lemak terus bertambah dan banyak tertimbun pada bagian perut. Lemak yang tertimbun ini akan dapat membuat ginjal menjadi tertekan dan kesulitan untuk memproses urin. Hal ini juga lah yang menyebabkan banyak penderita obesitas juga memiliki gangguan pada ginjalnya.
Baca Juga: Penyebab, Gejala dan Pengobatan Penyakit Tetanus

8. Jaga tekanan darah

Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab terganggunya fungsi ginjal adalah tekanan darah yang tinggi. Karenanya sangat penting bagi kita untuk menjaga tekanan darah supaya kesehatan ginjal bisa tetap terjaga dengan baik. Untuk menjaga tekanan darah agar bisa tetap normal kita bisa menggunakan beberapa cara seperti tidur teratur, tidak stres, dan juga berekreasi.

9. Hindari konsumsi obat sembarangan

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk menjaga kesehatan ginjal secara alami adalah dengan tidak mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan. Konsumsi obat-obatan sembarangan akan dapat menyebabkan kerja ginjal semakin berat dan akhirnya kesehatan ginjal pun akan terganggu. Usahakanlah untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi obat-obatan tertentu. Mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan bukan hanya akan berakibat buruk pada ginjal kita, tapi juga akan berakibat buruk pada kesehatan jantung kita.

10. Hindari makanan yang terlalu asin

Cara menjaga kesehatan ginjal secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari makanan-makanan yang memiliki rasa terlalu asin. Rasa asin yang terdapat pada beberapa makanan tertentu akan dapat menyebabkan ginjal bekerja secara tidak maksimal, karenanya akan sangat baik jika kita bisa mengurangi atau bahkan menghindari makanan-makanan yang terlalu asin.
Demikian tadi sajian informasi tentang cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa cek selalu kesehatan Anda kepada dokter. Selamat mencoba !

Related Posts

Posting Komentar